[Indonesian] Panduan Wisata Pantai Sawarna

Hello guys! Jadi pada post bertipe panduan ini, saya akan berusaha untuk mengingat dan memberitahu mengenai seluk beluk lokasi yang saya kunjungi. Panduan ini akan tersedia dalam bahasa Inggris, maupun Indonesia.

Oke! Pertama saya akan memberi panduan mengenai Sawarna yaa.

Pertama-tama, kalian yang mau ke Sawarna, pasti telah berekspektasi kalo tempatnya deket, gampang, dan cepet sampe karena  lokasinya di Banten. Well, kalian mungkin harus bersiap menerjang kemacetan (at least kalau lewat Sukabumi) dan jalan-jalan berliku yang panjang. Total paling cepat saya waktu itu 6-7 jam (via Sukabumi). Tapi mungkin ini juga karena saya menggunakan bis mini yang sedikit susah menanjak. Berikut adalah peta kesana:

Saya sih menyarankan untuk datang ke Sawarna pada saat tidak ada bulan, atau “New Moon”. Mungkin bisa di cek di sini nih: http://www.moongiant.com/Full_Moon_New_Moon_Calendar.php. Kenapa sih Nif kok nyaranin gitu? Soalnya kalau kalian mau motret atau at least liat liat milky way, paling baik itu tanggal bulan baru! Kenapa? Karena cahaya bulan akan menutupi (katanya) at least 50% dari bintang-bintang yang ada di langit (sangat unscientific, don’t bash me).

Nah, saran saya selanjutnya adalah kalau berangkat hari sabtu langsung berangkat sehabis Subuh, karena kalau ditunda maka akan terkena macet di tol yang menuju Bogor. FYI saya berangkat waktu itu jam 9 dan…. saya ketinggalan sunset.

Okay, mungkin sesampainya disana, waktu itu saya ada dua pilihan pantai, yang pertama adalah lagoon pari, yang kedua adalah tanjung layar. Kalau kalian sampai lokasi sebelum sunset, saya sarankan sih ke tanjung layar, karena posisi pantainya bisa di barat-baratin, sehingga maksimal untuk mendapatkan cahaya sunset. Sayang, seperti yang saya bilang tadi, saya nggak ngerasain itu. Satu lagi, pantai ini lebih accessible daripada lagoon pari, baik itu jalan kaki, atau sewa ojek. Medan tidak terlalu berat dibanding lagoon pari.

Pantai tanjung layar

Waktu itu, saya sampai jam 7 dan hunting party rata-rata sudah pada capek. Tapi ya saya sih enggak, karena kalau anda tidur, anda tertinggal kesempatan emas untuk memotret Milky way. Jadi sekitar jam 11, kami berangkat ke pantai tanjung layar.

Sesampainya disana, biasalah, pasang tripod dan mulai memotret! Masih ingat saran saya mengenai jadwal bulan di awal post? Kalau kalian mengikuti saran saya, anda akan dibayar dengan foto seperti ini:

IMG_0583

Dan ini:

IMG_0590

Keren bukan? Sayang waktu itu saya agak mendung, better luck next time!

[Sebagai tips: Ada exposure standar (tapi bukan mutlak) untuk milkyway ini, yaitu ISO 3200, ss: 30s, dan f2.8 (untuk fullframe). Saya sih menganjurkan untuk kalau bisa kurangin lagi shutter speednya karena memungkinkan untuk bintang tersebut bergerak. More info: http://www.lonelyspeck.com/milky-way-exposure-calculator/%5D

Saya disitu kira-kira sampai jam 3-an. Oiya, jangan lupa bawa senter ya untuk nyenterin batunya supaya terang dan untuk focus juga!

Sepulangnya saya dari situ, saya cuman tidur 1 jam (you snooze you lose haha) langsung cau lagi ke pantai lagoon pari (ya kira-kira di tempat yang saya kasih tanda itu, soalnya kayaknya Google maps agak salah). Perjalanan ke situ mungkin sedikit susah, ya saya sih rekomendasikan naik ojek, kira-kira 15-20 menit dari penginapan. Biasalah, setting tripod dan sebagai macemnya, foto-foto (anda cuman punya waktu satu jam) dan selesai.

[Tips perlengkapan yang perlu dibawa: Tripod, Kamera, ND FILTER!!!!, Holder Filternya jangan lupa haha, dan Remote Shutter]

lagoon pari

Ya, kira-kira kalau anda tepat waktu, beginilah hasilnya:

IMG_0617

Sesudah itu, saya balik ke hotel, dan sempat juga balik ke tanjung layar. Ternyata disitu banyaaaaaakkk banget orang (jam 10-11 pagi). Mungkin kurang ideal jadinya untuk foto, jadi kalau bisa ikutin saran saya itu tadi yaa.

Begitulah teman-teman pengalaman saya ke Sawarna. Semoga bermanfaat. Jika ingin bertanya, silahkan berkomentar dibawah!

 

sign

H.W.

Leave a Reply

